Kenali Produk dan Promosikan
Promo atau promosi atau beriklan merupakan suatu keharusan dalam memasarkan produk. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Sudah menjadi pengetahuna umum, jika kita mensasar 1000 orang saja untuk mengenal produk kita, maka yang akan membeli produk kita tidak lebih dari 10%. Sedikit pembeli tersebut bukan karena tidak efektif promo yang dilakukan, namun banyak sekali pertimbangan yang dilakukan oleh pembeli, sebelum terjadi proses transaksi. Promosi adalah merupakan bagian dan pendukung penting dalam dunia bisnis sehingga tidak sedikit yang rela melakukan promosi secara besar-besaran, massif dengan biaya yang sangat besar. Melalui promo, diharapkan akan terjadinya peningkatan angka penjualan.
Selama ini banyak sekali metode pemasaran produk yang telah digunakan, baik yang dianggap konvensional maupun yang telah berkembang maju. Beberapa metode yang dianggap konvensional misalkan menggunakan spanduk, banner ataupun brosur. Tidak lupa juga beriklan di media massa, televisi dan radio. Walaupun sudah dianggap konvensional, namun ketiga channel itu ternyata masih efektif dan masih banyak digunakan dengan biaya yang tidak murah. Lalu, strategi yang update dengan biaya tidak terlalu mahal, sekarang makin banyak digunakan yaitu penggunaan media sosial. Media sosial itu dapat berupa website, fb, twitter, IG, pinrest ataupun path, aplikasi chat android dan masih banyak lagi channel yang digunakan. Murah, cepat, efektif dan seringkali mendatangkan pembeli. Namun, sebelum melakukan promo, sebaiknya perlu diperhatikan beberapa aspek penting sebelum anda melakukan promosi, yaitu :
- Memahami produk kita sebaik mungkin, karena sering sekali orang di dunia maya akan bertanya detail terkait produk kita. Jika kita tidak dapat menjelaskan dengan baik produk kita, tentu kepercayaan calon pembeli akan menurun.
- Kenali produk kompetitor kita, ini penting karena kita akan tahu nilai lebih dari produk kita dan tentunya juga akan mudah dikomunikasikan kepada calon pembeli.
Selanjutnya tipsnya akan disambung pada edisi berikutnya. Selamat mempersiapkan promo bagi produk Anda dan semoga sukses.