Kenali Produk dan Promosikan (bag 2)
Kita lanjutkan tips mempromosikan produk kita agar makin dikenal masyarakat sehingga mereka akan menjadi konsumen, dan seterusnya menjadi konsumen yang loyal. Tips berikutnya adalah, selain :
- Memahami produk kita sebaik mungkin.
- Kenali produk kompetitor kita.
Kemudian,
- Konsisten. Ya, konsisten adalah upaya yang dilakukan secara terus menerus, baik saat sedang banyak pembeli maupun saat tidak ada pembeli. Sering disebut, naik turunnya penjualan produk. Konsistens dalam pemasaran juga menjadi hal penting, jika kita mempunyai strategi pemasaran yang kuat, tepat dan akurat maka biaya yang dialokasikan untuk promo produk tidak akan besar. Nah, untuk mendukung konsistensi promosi, karena kadang dan sering sekali kita tergoda untuk keluar dari jalur strategi pemasaran yang telah kita pilih. Namanya strategi, pasti ada tahapan yang harus dilakukan, sehingga saat keluar dan bisa melenceng dari arus yang semestinya kita lakukan, maka bukan hanya biaya besar yang akan dikeluarkan, namun juga waktu dan tenaga yang dialokasikan akan tidak menghasilkan promosi yang optimal.
- Perencanaan. Sebelum promo produk diluncurkan atau diperkenalkan kepada masyarakat maka perlu suatu perencanaan yang tepat. perencanaan tersebut tidak hanya menyangkut kegiatan pemasaran yang dilakukan serta-merta tanpa mempertimbangkan kekuatan / strength, kelemahan / weakness, peluang / opportunity, serta tantangan / threat (SWOT) terhadap pilihan strategi pemasaran yang kita pilih. Karena jika kemampuan melakukan analisis SWOT tersebut lemah atau salah, pada akhirnya akan memberikan hasil yang sia-sia. Perencanaan promo produk meliputi banyak aspek, misalnya terkait anggaran yang tersedia, jangka waktu, pilihan strategi, misalnya mengenai anggaran marketing, strategi marketing,hingga hasil pemetaan sebelum produk diluncurkan (istilahnya pemetaan pendahuluan).
Selanjutnya tipsnya akan disambung pada edisi berikutnya. Selamat mempersiapkan promo bagi produk Anda dan semoga sukses.