Kenali Produk dan Promosikan (bag ke-3)
Setelah kita mengupas promo produk kita di edisi sebelumnya, kita akan melanjutkan bahasannya. Sebelumnya kita akan melihat dulu ringkasan hal-hal penting yang harus kita lakukan sebelum membuat promosi produk kita, antara lain :
- Memahami produk kita sebaik mungkin dan
- Kenali produk kompetitor kita http://indonesiaberkarya.id/kenali-produk-dan-promosikan/.
- Konsisten dan
- Perencanaan http://indonesiaberkarya.id/kenali-produk-dan-promosikan-bag-2/.
Selanjutnya adalah kita menentukan target pasar kita. Dalam promosi produk, kita harus menentukan target pasar kita, sedetail mungkin. Misalkan kita membuat produk kerajinan, sebagaimana yang ada di website www.indonesiaberkarya.id, dimana produk yang kita pasarkan adalah kerajinan tangan, bukan reseller ataupun dropship. Maka kita perlu memilih pangsa pasar kita siapa ? Usia berapa ? Dari kalangan seperti apa ? Produk kita harga pasarannya berapa ? Dan masih banyak lagi pertanyaan dan detail terkait pangsa pasar yang harus kita ketahui. Istilahnya kita perlu mengetahui menggunakan Survey Ekonomi Sosial (SES). Jika pertanyaan-pertanyaan itu sudah kita ketahui jawabannya, maka kita setidaknya sudah bisa membayangkan bahwa pangsa pasar kita adalah orang / komunitas / kalangan seperti apa sehingga dalam proses promosi akan lebih memudahkan.
Demikian hal-hal penting yang perlu kita persiapkan sebelum melakukan promosi produk kita. Tetap berusaha dan memberikan yang terbaik untuk konsume kita, maka mereka akan menjadi konsumen yang loyal.