Marketing 3.0 (bag 2)
Kita lanjutkan lagi belajar bersama tentang Marketing 3.0.
Bagian keempat : PELANGGAN SANGAT BERAGAM; SASARLAH PELANGGAN YANG MENDAPATKAN MANFAAT PALING BANYAK DARI KITA
Pelanggan sangat beragam dan meminta manfaat paling banyak dari produk yang kita hasilkan / produksi. Ini merupakan prinsip utama dari segmentasi. Kita tidak bisa melayani semua orang, tapi cukup melayani orang-orang yang paling siap untuk membeli produk dan jasa kita. Segmen pelanggan terdiri dari empat tingkatan :
- Sebuah segmen global yang menginginkan produk di fitur global dan tidak keberatan untuk membayar dengan harga lebih mahal untuk produk-produk tersebut.
- Sebuah segmen “glocal” yang menginginkan produk dengan kualitas global dan fitur yang lokal dengan harga yang sedikit lebih murah.
- Sebuah segmen lokal yang menginginkan produk dan fitur lokal, dengan harga lokal.
- Sebuah segmen bottom-of-the-pyramid yang hanya mampu membeli produk dengan harga paling murah.
Segmen bottom-of-the-pyrami d atau segmen di bagian paling bawah piramida ini adalah segmen yang paling tepat bagi perusahaan lokal untuk dapat menantang pesaing dari perusahaanmultinasional di pasar negara berkembang. lni juga merupakan segmen yang tepat untuk Marketing 3.0. Contohnya Holcim menangani kebutuhan kaum miskin melalui penyedaiaan perumahan dengan harga yang terjangkau di Sri Lanka. Holcim bekerja sama lengan sebuah lembaga keuangan mikro untuk membangun ruko atau rumah yang sekaligus dapat digunakan sebagai toko. Holcim memandang konsumen berpenghasilan rendah sebagai pasar potensial di masa depan seiring dengan kenaikan mereka ke bagian piramida yang lebih tinggi.
Bagian kelima : SELALU TAWARKAN PAKET YANG BAGUS DENGAN HARGA YANG WAJAR
Kita tidak boleh menjual produk yang berkualitas rendah dengan harga tinggi. Marketing yang benar adalah marketing ‘yang adil’, di mana harga dan kualitas produk harus selaras. Begitu kita mencoba untuk menipu dengan memberikan produk dengan kualitas rendah dan mengatakan produk itu memiliki kualitas yang bagus, konsumen akan meninggalkan kita. Unilever mencoba menurunkan harga garam beryodium supaya bisa menggantikan penggunaan garam nonyodium di Ghana. Untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di komunitas lokal, Unilever menggunakan kemampuan global yang mereka miliki. Dengan pengalamannya di dalam marketing produk konsumsi, Unilever menciptakan produk yang harganya terjangkau dalam kemasan sachet. Kekuatan dari program ini adalah bagaimana Unilever menerapkan keahliannya dalam aspek rantai pasokan untuk mengurangi biaya distribusi. Program ini secara spesiiik membantu pencapaian MDGs nomor 1, 2, dan 5. Contoh lainnya adalah upaya Procter & Gamble untuk menyediakan air minum yang bersih. Seperti Unilever, Procter & Gamble juga memiliki keahlian dalam sachet marketing. Dengan teknologi pengolahan air yang dimilikinya, P&G menyalurkan air bersih ke ‘seluruh pelosok dunia’. Yang menarik, teknologi Yang dimaksud itu dikemas dalam bentuk sachet untuk memastikan agar harganya terjangkau. Masyarakat lokal dapat mencampurkan satu sachet ke dalam 10 liter air agar airnya aman untuk diminum. Dengan program ini. Procter & Gamble telah membantu untuk mencapai MDGs nomor 5, 6, dan 10.“
Bagian keenam : PASTIKAN BAHWA KITA SELALU ADA UNTUK PELANGGAN, SEBARKAN BERITA BAIK
Jangan pernah membuat konsumen kesulitan untuk menemukan kita. Di era ekonomi global seperti sekarang, akses ke informasi teknologi dan internet merupakan suatu keharusan, Tetapi pemisahan digital, perbedaan sosiokultural antara orang-orang yang memiliki akses ke Internet serta teknologi digital dan yang tidak memiliki akses masih merupakan sebuah tantangan di dunia ini. Perusahaan yang dapat menjembatani pemisahan ini akan dapat memperbesar basis konsumennya. Sejak tahun 2005, Hewlett-Packard telah mencoba menjembatani pemisahan itu dengan bekerja sama dengan beberapa partner di beberapa sektor untuk membawa teknologi informasi ke negara-negara berkembang. Untuk mengejar pertumbuhan, HP menargetkan komunitas berpenghasilan rendah sebagai pasarnya di masa depan. Di dalam proses penciptaan pasar itu, HP secara agresif menjembatani pemisahan digital dan menyediakan akses ke teknologi bagi orang-orang miskin. Segmen konsumen ini adalah harapan perusahaan untuk mencari pertumbuhan di pasar yang telah mapan. Bantulah calon pelanggan untuk mengetahui bisnis kita.
Selamat menganalisis dan berkarya. Semoga sukses.