Marketing 3.0 (bag 3)

Kita lanjutkan lagi melihat komponen di Marketing 3.0.

 

Bagian ketujuh : RAIH PELANGGAN, PERTAHANKAN, DAN KEMBANGKAN MEREKA

Begitu kita memiliki pelanggan, kita harus mempertahankan hubungan yang baik dengan mereka. Kita harus mengenal pelanggan secara personal, satu per satu, sehingga kita dapal memiliki gambaran utuh mengenai kebutuhan, keinginan preferensi, dan perilaku mereka. Kemudian kita harus membantu pertumbuhan bisnis mereka. Ini adalah prinsips-prinsip dari customer relationship management (CRM). Hal ini adalah cara untuk menarik konsumen yang akan terus membeli karena mereka memiliki kepuasan emosional dan rasional yang kuat terhadap produk kita. Konsumen ini juga dapat menjadi pendukung terkuat melalui pemasaran word of mouth.

 

Bagian kedelapan : SELALU SEMPURNAKAN QCD (QUALITY COSTAND DELIVERY) DARI PROSES BISNIS

 

Quality Costand Delivery merupakan suatu keharusan, jika membuat janji kepada pelangga haruslah ditepati. Jangan menunda dan menggunakan sejuta alasan jika ada kesalahan. Perlakukan pelanggan Anda dengan cinta dan perlakukan pesaing Anda dengan hormat.

 

Bagian kesembilan : KUMPULKAN INFORMASI YANG RELEVAN, TAPI GUNAKAN KEBIJAKSANAAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN AKHIR

 

Prinsip untuk terus belajar, belajar dan belajar. Pengetahuan dan pengalaman yang kita dapatkan akan menentukan keputusan akhir yang kita buat. Dengan didukung oleh kematangan jiwa dan kejernihan hati, seorang pemasar akan dapat mengambil keputusan dengan cepat berdasarkan kebijaksanaan yang mereka miliki.

 

Demikian resume yang telah dibuat, selamat menganalisis dan berkarya. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.