Mengenal Manfaat Webinar Bagi Komunitas

Teman-teman komunitas atau pengusaha UMKM sudah pernah mendengar ada itu Webinar ? Sebelum kita membahas tentag webinar, kita akan membaca dulu sejarah pembelajaran internet seperti ini. Selama 3 hari ini kita akan merangkumkan tentang sejarah pembelajaran internet secara online dan manfaatnya seperti apa serta caranya bagaimana. Berikut ini sejarahnya yang telah dirangkumkan dari beberapa narasumber diantaranya :

 

  1. http://belajarbisnisinternet.com
  2. http://mebiso.com
  3. http://mariamagdalena.hu-sa.in
  4. http://www.academia.edu/6446622/Sejarah_E-learning

 

E-Learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar

ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain (Darin E. Hartley, 2001). Glossary of e-Learning Terms [Glossary, 2001] menyatakan suatu definisi yang lebih luas bahwa: e-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone (Glossary, 2001). E-learning adalah sebuah sistem atau alat pendidikan berbasis komputer yang memungkinkan melaksanakan pembelajaran (kegitan belajar mengajar) dimanapun dan kapanpun. Pada saat ini e-learning menggunakan internet, pada waktu dahulu sebelum ada internet masih menggunakan perangkat berbasis komputer yang tidak portable atau berbentuk seperti CD-ROM.

Content, dari materi tersebut berupa video atau audio. Sekarang teknologi sudah berkembang sangat pesat sehingga serasa tidak ada batas Antara suatu tempat dan tempat lain. Kita dapat membuat suatu kelas virtual dimana yang mengikuti kelas tersebut bukan berasal dari suatu daerah tertentu melainkan sudah beda Negara atau mungkin beda benua yang dilakukan pada waktu bersamaan hanya terhubung dengan internet. John Chambers yang merupakan CEO dari perusahaan Cisco System mengatakan bahwa untuk era ke depan, aplikasi dalam dunia pendidikan akan menjadi “killer

application” yang sangat berpengaruh. Departemen perdagangan dan departemen pendidikan Amerika Serikat bahkan bersama-sama mencanangkan Visi 2020 berhubungan dengan konsep pendidikan berbasis Teknologi Informasi (e-Learning) [Vision, 2002].

E-learning memiliki kemampuan untuk berbagi materi dalam berbagai bentuk format seperti video,

powerpoint, slideshow, word documents dan PDF. Selain itu juga dapat berupa presentasi melalui web atau yang disebut dengan webinar class online dengan video interaktif dan kita juga dapat berkomunikasi dengan guru atau professor yang memberikan materi via chat, message dan video

call . Selain itu terkadang juga terdapat tempat untuk diskusi seperti forum-forum dimana kita dapat bertukar pendapat di situ.

Salah satu keuntungan dari e-learning adalah pembelajarannya menarik dan selalu berubah. Siswa dapat selalu update content-content terbaru. E-learning menawarkan pembelajaran alternative yang menarik, tidak menhabiskan uang dan berpotensi baik. Dalam sejarah E-learning sejak tahun 1960, E-learning sudah berkembang dalam berbagai bidang yaitu bisnis, pendidikan, pelatihan dan militer. Sekarang berbagai bidang tersebut sangatlah berbeda.( Paul Nicholson : 2007). Dalam bidang pendidikan yakni di sekolah E-learning cenderung menggunakan software dan online learning sementara dalam bisnis, militer dan pelatihan (training) cenderung menggunakan online learning (Campbell, 2004). Istilah e-learning digunakan sejak oktober tahun 1999. Pada CBT sistem seminar (

computer based training) di los angles. Kata yang baru digunakan untuk pertama kalinya. Kemudian kata-kata yang baru mulai bermunculan seperti online learning atau virtual learning. Bagaimanapun juga prinsipnya adalah sebuah cara untuk belajar dengan menggunakan yang interaktif dapat diakses melalui internet, atau menggunakan media elektronik seperti internet, TV interaktid, CD-ROM dan lain-lain. Pendidikan mengadopsi computer jaringan dimuai pada pertengahan tahun 1970, setahun setelah penemuan paket data dan switchinf di tahun 1969 dan email dan konferensi computer ditahun 1971 (Hafner & Lyon, 1996; Hiltz & Turoff,197).

 

1924 : First Testing Machine

Ditemukannya sebuah mesin dimana siswa dapat menguji dirinya sendiri. Profesor Sidney Pressey dari

Ohio University menemukan “automatic teacher ”. Dia merakit ulang sebuah mesin ketik dengan memberikan sebuah jendela utnuk menunjukkan pertanyaan dengan empat jawaban. User

menekan tombol yang menurutnya benar. Ketika user menekan tombol maka mesin menyimpan jawaban user, kemudian lanjut ke pertanyaan selanjutnya. Setelah user selesai menyelesaikan semua soal user akan mendapat berapa sekor yang berhasil diperoleh.

1954 : First teaching machine. Seorang professor dari Harvard BF Skinner membuat “teaching machine” untuk digunakan disekolah. Mesin ini sudah terporgram untuk memberi instruksi kepada siswa. Mesin ini sampai tahun 1960.

1960 : Computer Based Training. PLATO-Programmed Logic for Automated Teaching Operations adalah program computer based training (CBT). Program ini menawarkan latihan dan ujian dimana pengguna dapat melewati pertanyaan pada ujian. Mesin ini dirancang untuk mahasiswa diUniversitas Illinois. Dua decade sebelum World Wide Web ditemukan, PLATO yang memelopori forum online, papan pesan, email, chat room, instan messaging, remote screen sharing, dan game multiplayer, yang mungkin komunitas online pertama (Woolley, 1994).

1966 : Computer Aided Instruction. Profesor Psikologi Stanford University Patrick Suppes and Richard C. Atkinson menggunakan CAI (Computer Aided Instruction) untuk mengajar matematika dan membaca siswa di Polo Alto Elementary schools. Kemudian Bernard Luskin bekerjasama dengan Stanford university untuk menginstall computer pertama di komunitas universitas untuk mengajar

1969 : US Departemen of Defense Commission ARPANET. Untuk pertama kalinya pengoprasian packet switching jaringan, pertama kalinya menggunakan konsep TCP/IP dan sekarang menjadi kebutuhan sehari-hari yaitu internet.

1970 : Computer Mouse dan GUI. Pada tahun ini ditemukannya GUI dan Mouse yang kini menjadi computer modern. Dahulu kala waktu Xerox menawarkan mouse dan GUInya mereka ditertawakan kemudian mereka diajak kerjasama oleh apple dan mereka memberikannya dan menjadikan apple dengan tampilan GUI pertama kali dan menggunakan Mouse untuk pertama kali. Dan computer based training (CBT) dimulai di New Jersey Institue of Technology.

1980 : PC’s Begin MAC. Computer pertama machintosh yang menggunakan GUI dan Mouse. Dan memulai online untuk sharing informasi

1982 : First Online Program (Executive Education) 1983 Networked Classroom Model Emerges (Primary and Secondary Schools) 1990-1995 Web-based Training Mengirim konten e-learning lewat internet ( Paul Nicholson : 2007).

1990 : Era Digital dimulai. Pada waktu ini sudah menggunakan internet dan sebagai dimulainya era digital dan World Wide Web. Dan eleraning lebih banyak dikenal. Pada era ini virtual learning environment dimulai.

1994 : CBT-CBT baru Pada tahun ini banyak bermunculan CBT yang dikemas dalam bentuk yang menarik dan diproduksi secara masal.

1997 : LMS (Learning Management Systemi). Sekarang jarak dan geografi bukan masalah lagi. Dari sinilah kata Learning Management System atau biasa disingkat LMS. Karena semakin banyaknya LMS yang bermunculan lalu digunakan standart yang muncul misalnya adalah standard yang dikeluarkan oleh AICC ( Airline Industry CBT Committee), IMS, IEEE LOM, ARIADNE, dsb.

1999 : aplikasi elarning berbasis web. Perkembangan LMS menuju ke aplikasi berbasis web secara total. Konten juga semaik kaya dan menari dengan berbagai konten multimedia seperti video, streaming, tampilan yang semakin menarik. Berbagai format data standard dapat digunakan.

2000 : Bussinises begin using e-learning. Banyak perusahaan yang menggunakan e-learning untuk melatih para pekerjanya. Karena dengan menggunakan elearning informasi terbaru dapat dengan cepat diterima oleh para pekerja.

2010 : Social Online Learning. Pada tahun ini banyak social media yang bermunculan. Dan elearning semakin terinspirasi denagn social media tersebut karena memberikan inovasi dan pembelajar (learner) merasa fun. Media tersebut seperti Youtube, Twitter, facebook, Open online course. Skype, hangout, slideshare yang memungkinkan kita untuk saling berbagi file dan informasi.

 

Nah, kita sudah mengetahui sejarah internet dan perkembangannya. Hari esok kita akan membahas lebih detail tentang webinar itu sendiri. Selamat berkarya dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.