Omset Melejit Melalui Media Massa

Sebagai pengusaha atau penjual, tentu kita ingin omzet penjualan kita melejit dari waktu ke waktu. Ada perkembangan, ada kemajuan dan bersifat meningkat dari waktu ke waktu. Itulah tujuan dari berbisnis dan upaya tersebut tentu tidak berjalan dengan sendirinya. Melejitnya omzet sering didukung oleh promosi atau iklan melalui media massa. Ya, penggunaan media massa.

Dewasa ini sangat banyak sekali media massa yang muncul, baik yang bersifat konvensional maupun media massa online. Konvensional dalam artinya masih menggunakan media perantara, misalkan koran, majalah, brosur atau leaflet. Semuannya masih menggunakan media pendukung seperti kertas. Walaupun saat ini koran dan majalah telah bermetamorfosis menjadi media online yang dalam penyediaanya adalah gratis, tinggal klik sudah dapat melihat berita sehingga tidak perlu membeli.

Media online bentuknya sangat beragam, baik yang sifatnya memang untuk berjualan atau berdagang maupun media online yang awalnya bertujuan untuk berbagi informasi atau cerita atau pertemanan. Banyak sekali media online yang dapat digunakan untuk memasarkan produk kita, diantaranya website, facebook, twitter, pinterest, path dan masih banyak lagi media sosial lainnya. Banyak sekali informasi tentang media online yang dapat kita cari di dunia maya, baik content, disain, cara mengambil gambar, penggunaan bahasa dan lain sebagainya, seperti di http://www.onlinemediaawards.net/online-media-awards/online-media-awards-2016#22628 beragam informasi terbaru di tahun 2016 dapat kita lihat dan pelajari.

Manfaat dari media massa untuk beriklan sangat banyak, namun yang paling utama adalah bahwa beriklan bertujuan untuk :

  1. Menawarkan produk atau jasa kita. Iklan yang baik, langsung memudahkan pengunjung / viewer melihat iklan yang kita buat. Semakin mudah dimengerti oleh viewer, menunjukkan pola, cara dan bahasa komunikasi kita sampai dengan baik kepada viewer. Kita mengetahui ada beberapa unsur dalam membangun komunikasi, yang mengirim pesan, penerima pesan serta pesan itu sendiri. Jika kita tidak tepat dalam memberikan pesan kepada penerima pesan, makan pesan itu sendiri akan tereduksi informasi yang kita harapkan, bahkan yang dikhawatirkan pesan tidak sampai malah berbeda dengan tujuan kita berkirim pesan. Contoh website www.indonesiaberkarya.id, muncul menawarkan hasil kerajinan tangan dari berbagai komunitas.
  2. Mengingatkan produk atau jasa atau perusahaan kita. Tujuan lain dari penggunaan media massa adalah mengingatkan, bahwa ada lho produk kita yang memiliki deferensiasi atau perbedaan atau kelebihan dibandingkan produk lain. Produk kita tidak hanya memiliki nilai tambah, namun pengguna produk kita adalah bagian dari keluarga besar perusahaan kita. Saat ini semakin banyak produk yang mendorong dan menyampaikan pesan bahwa jika Anda membeli produk kami, Anda bukan hanya mendapatkan manfaat dari produk tersebut, tapi Anda adalah bagian dari komunitas pecinta produk kami, bagian dari keluarga besar kami. Ya, itulah kekuatan yang mengikat konsumen.

Sehingga, diharapkan konsumen akan menggunakan produk kita yang akan berdampak pada naiknya konsumen yang awalnya tidak mengetahui produk kita, menjadi lebih tahu tentang produk kita, sehingga ada peningkatan jumlah konsumen yang ingin menggunakan produk kita dan pada akhirnya omzet penjualan produk kita akan meningkat.

Lalu media massa apa yang paling efektif digunakan untuk beriklan ? Ada beberapa media massa yang paling efektif untuk digunakan sebagai media beriklan, sebagaimana hasil research dari Hootsuite, dimana mayoritas orang Indonesia menggunakan youtube sebagai platform media sosial mereka, kemudian disusul oleh Facebook, Instagram lalu media online lainnya. Jika kita perhatikan, kebanyakan media sosial yang dipilih atau populer di Indonesia adalah media sosial yang mudah digunakan, tidak banyak kata yang menyertai dan mampu menunjukkan pesan secara langsung.

 

 

 

Nah, selanjutnya terserah Anda untuk menggunakan media massa, yang berbasis teknologi dengan pengeluaran biaya yang lebih murah, cepat sampai ke konsumen namun akan cepat pula terlupakan karena pesat dan cepatnya arus informasi atau Anda memili media massa yang membutuhkan dana lebih besar dan bersifat tak lekang oleh waktu. Ya, media massa yang masih menggunakan kertas sebagai tempat menyimpan pesan atau berita atau iklan akan tetap disimpan dan menjadi kenangan kelak di kemudian hari. Tentu ada romansa sendiri yang Anda rasakan saat melihat iklan dibawa ini. Selamat berkarya dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.