Pangsa Pasar Netizen, Suatu Peluang

Seringkali kita mendengar bahwa netizen (pengguna internet) di Indonesia sangat banyak, sangat berpotensi menjadi konsumen suatu produk. Sering ya kita mendengarnya, dan lagi-lagi kita sering bingung dan berkata, produk sudah berkualitas, stock produk ada dan bagaimana ya cara menjualnya. Strategi pemasaran seperti apa yang bisa menjadi solusi untuk menolong agar produk kita gampang dikenali konsumen, lalu terpatri di kepala konsumen sehingga menjadi produk yang diandalkan konsumen.

 

Ya pertanyaan-pertanyaan diatas akan selalu muncul di kepala para pengusaha, produsen atau reseller dan dropship. Tidak mudah menemukan jawabannya, tapi juga tidak susah untuk menggali informasi seperti apa sih keinginan konsumen. Mereka maunya seperti apa ? Produk seperti apa ? Kualitas dan layanan seperti bagaimana yang membuat konsumen puas.

 

Berdasarkana data Hootsuite bulan Januari 2017, tampak bahwa dari 106 juta pengguna aktif media sosial di Indonesia, 92 juta merupakan pengguna mobile social media. Artinya 92 juta pengguna smart phone yang akan mengakses informasi, bahan belanjaan, bahan bacaan dari smart phone. Wow, suatu angka yang tidak bisa dianggap kecil. Suatu pangsa pasar yang sangat menarik, dan peluang menjadikan mereka konsumen yang loyal. Tentunya perlu diketahui karakteristik konsumen tersebut, agar loyak kepada produk kita.

 

Dari uraian data diatas, tampak bahwa kita punya pasar yang sangat besar, super besar dengan akses informasi yang sangat mudah, cepat dan tepat sehingga akan memunculkan konsumen yang reaktif ataupun aktif terhadap produk kita. Jadi, pangsa pasar yang sangat besar tersebut, perlu diedukasi, dikenalkan produk kita. Caranya ? Berikan informasi sedetail mungkin produk kita, khawatir jika nanti spesisifkasi produk kita serta keunggulannya akan dicuri kompetitor ? Sekarang sudah bukan zamannya lagi khawatir hal tersebut, karena yang menjual produk sejenis kita juga ribuan, artinya kita perlu membuat hal yang berbeda, perlu deferensiasi produk yang membedakan produk kita dengan kompetitor. Satu lagi aspek yang sangat menentukan, yaitu layanan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari suatu produk. Ya, layanan dapat berupa bahasa verbal ataupun custome service yang mampu memenuhi harapan konsumen.

 

Jadi, masih bingung dengan pasar kita ? Ikuti terus kajian, tips dan triks marketing di Indonesia Berkarya. Karya nyata komunitas Indonesia untuk dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.