Pembeli Adalah Raja
Pembeli adalah raja. Pepatah atau petuah tersebut sering kita dengar, sebagai penjual / produsen, kita harus memahami. Namanya raja, apsti banyak inginnya dan belum tentu semuanya mampu kita penuhi. Itulah raja, berkuasa. Lalu apasaja sih yang menjadikan pembeli adalah raja :
- Pembeli adalah orang penting dalam dunia usaha, mereka adalah konsumen, yang rela mengeluarkan uangnya untuk mendapatkan yang diinginkan. Baik barang ataupun jasa
- Pembeli menilai produk penjual, baik yang bersifat jasa ataupun barang. Dia adalah penilai mulai dari proses barang / jasa tersebut dikenalkan, cara penyajian hingga sesaat dia memutuskan untuk mengeluarkan uang demi barang / jasa yang disajikan. Apakah hanya sebatas itu ? Tidak ! Dia akan menilai sampai produk kita ada cacat atau bisa berfungsi dengan baik sesuai dengan keiginan saat dibeli.
- Produsen / penjual bergantung kepada pembeli. Ya, karena pembelilah raja yang paling berperan dalam produk kita. Sebaik apapun produk kita, sebagus apapun layanan purna jualnya, namun kalau tidak ada yang membeli maka produk kita hanya ada di gudang !
- Pembeli bukan pengganggu. Apabila pembeli puas, dia akan membeli lagi produk kita, jika dia kecewa, komplain pasti akan muncul dan terus meminta pertanggungjawaban kita. Wajar dan itu sangat baik, daripada dia tidak pernah lagi membeli produk kita.
- Sering pembeli banyak bertanya, sebagai penjual harus memberikan informasi yang detail, akurat dan mudah dipahami oleh pembeli. Tujuan kita bertemu pembeli adalah agar produk kita laku, hal tersebut sangat menyenangkan kita tentunya sehingga buatlah pembeli senang sehingga dia membeli produk kita dan kita pun akan senang.
- Pembeli itu dinamis, bukan benda beku. Jadi komunikasilah secara baik dan dinamis.
- Pembeli adalah sahabat, pembeli bukan lawan debat. Jika ada perbedaan pandangan, maka perlu dijelaskan secara rincian batasan produk yang kita tawarkan. Setiap produk ada batasannya.
- Pembeli yang loyal, akan menyampaikan kepuasannya kepada temannya. Demikian juga pembeli yang kecewa, akan lebih banyak lagi teman yang mendapatkan cerita seberapa jelek kualitas produk kita.
- Pembeli adalah sebagian dari usaha kita. Jadi fokuslah kepada pembeli. Jika produk sudah jadi, maka fokuslah kepada pembeli.
- Beri perhatian penuh kepada pembeli.
- Pembeli dapat menjadi agen berita yang baik, jika dia puas. Maka beri layanan terbaik dari produk.
- Pembeli adalah orang yang memungkinkan membuat keuntungan bagi pendapatan kita. Tanpa dia, produk kita hanya ada di gudang.
- Pembeli adalah pemberi semangat dinamis bagi usaha kita.