Persiapan Sebelum Beriklan di Facebook
- Ketahui produk Anda
Sebelum memasang iklan di FB, terlebih dahulu Anda mempersiapkan :
Spesifikasi produk, misalkan produk terkait sepakbola, maka Anda perlu mengethui benar produk itu digunakan untuk ada di dalam sepakbola. Banyak tips yang menyatakan lebih baik kita menjual produk yang kita sudah gemari / kita punya hobi. Jadi kita tidak memulai dari nol.
Broad niche atau lebih dikenal dengan jangkauan produk. Misalkan produk baju sepakbola tadi, kita perlu tahu benar sasaran kita siapa saja, bisa anak, remaja atau orang dewasa. Usia berapa, dan rata-rata harga produk yang dijual di pasaran selama ini. Contoh lain adalah kerajinan tangan, maka kerajinan tersebut harus unik, beda dengan yang lain serta menarik bagi pembeli.
- Tentukan tujuan beriklan
Setelah kita mengetahui benar spesifikasi dan jangkauan sasaran produk kita, sekarang kita menentukan tujuan kita beriklan untuk apa ? Target audience akan mementukan pilihan channel iklan kita, diantaranya :
Beriklan menggunakan video, iklan jenis ini sangat cocok jika produk yang dipasarkan unik dan berbeda dengan produk lainnya. Selain biaya yang diperlukan juga relatif lebih mahal, proses pembuatannya juga membutuhkan waktu yang relatif lama. Iklan menggunakan video, juga lagi marak dan banyak channel yang bisa dipakai secara gratis.
Beriklan menggunakan berbagi foto, album maupun testimoni. Beriklan ini relatfi tidak membutuhkan biaya besar dan waktu yang singkat. Banyak media sosial yang dapat kita gunakan secara gratis, namun hati-hati tetap perhatikan privacy pengguna media sosial lain yang tidak ingin terganggu oleh iklan kita.
Beriklan menggunakan strategi Click To Web (CTW), yaitu beriklan dengan memancing calon pembeli untuk memperhatikan atau melihat website kita sebagai portal informasi terlengkap produk yang akan kita jual.
Beriklan menggunakan Like Page, yaitu beriklan menggunakan media sosial seperti Fanspage.
- Tentukan materi iklan yang akan dimunculkan
Sebelum memunculkan iklan, kita perlu persiapkan materi iklan. Ada 2 hal yang perlu diperhatikan dalam materi iklan, yaitu :
Ads Copy yaitu text postingan yang nantinya akan digunakan untuk beriklan. Perlu dipersiapkan ads copy yang menarik, perhatikan dan pertimbangkan siapa audience kita. Ads copy yang menarik akan memunculkan minat kepada calon pembeli untuk membeli produk.
Ads Image yaitu gambar yang akan digunakan untuk beriklan. Selain tulisan yang menarik, tentu dukungan gambar yang didisain khusus akan menarik calon pembeli.
- Ketersediaan budget
Hal penting yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan budget. Berapa budget yang mampu kita sediakan untuk beriklan. Budget yang besar tidak selalu berhasil menarik pembeli, karena pilhan strategi dan waktu yang tepat menentukan penerimaan iklan oleh pembeli.
Selamat berkarya dan semoga sukses.