Tahapan Strategi Dalam Promosi
Pada proses setelah suatu produk berhasil diciptakan, tentu ada upaya untuk memasarkannya. Produk akan bernilai jika telah dikenalkan untuk selanjutnya diterima oleh konsumen, terutama konsumen yang loyal. Apa itu konsumen yang loyal ? Kita akan membahasnya dilain waktu, sekarang kita akan fokus membahas tentang tahapan strategi apa yang bisa dilakukan untuk memasarkan suatu produk, atau dikenal dengan strategi pemasaran. Beberapa strategi yang dapat dipilih antara lain :
- Marketing Mix. Pemilihan strategi menggunakan marketing mix meliputi harga, tempat, dan promosi serta area produk dipasarkan. Hal-hal yang berkaitan dengan produk menjadi perhatian utama. Keseluruhan informasi tersebut dipertimbangkan untuk digunakan dalam pemilihan strategi pemasaran.
- Media online. Salah satu media pemasaran yang paling efektif saat ini ialah media online misalnya website, Twitter, Facebook, Instagram ataupun Path dan Pinrest. Website merupakan muara dari berbagai media online, karena kebanyakan media online lain lebih bersifat praktis dan menjadi kanal untuk menuju muara berita / sumber informasi, yaitu website.
- Branding. Branding adalah upaya untuk menjadikan produk atau jasa dari suatu bisnis menjadi lebih dikenal calon konsumen. Sederhananya, branding adalah cara agar konsumen aware terhadap produk kita. Brand yang membedakan produk kita dengan yang lain, walaupun usaha kita berskla kecil. Apapun produk kita, misalkan kerajinan tangan, tetap memerlukan branding.
- Promosi dan Iklan. Ya, promosi dan iklan dapat dilakukan menggunakan berbagai media, baik media massa cetak, media elektronika seperti televisi dan radio serta media sosial. Promosi dan iklan menjadi suatu keharusan, tidak peduli besar atau kecil anggaran yang tersedia. Melalui strategi promosi dan iklan yang efektif akan mampu meningkatkan penjualan produk. Promosi juga dapat berupa pemberian member card, diskon, doorprize dan hal-hal menarik lainnya.
- Hal lain yang kadang terlupakan adalah layanan purna jual, atau layanan yang diberikan pasca konsumen membeli produk kita. Kita biasa mengenal dengan istilah Customer Care atau Customer Relationship Management. CC atau CRM akan menjadi pengelola hubungan antara produsen dengan konsumen, hal ini akan berhubungan dengan loyalitas konsumen. Tidak peduli seberapa besar usaha yang dimiliki, namun CC menjadi hal penting yang perlu disediakan oleh produsen.
Demikian beberapa tahapan dalam melakukan promosi. Selamat berkarya dan semoga sukses.