Tips Beriklan di Facebook
Media sosial, salah satunya facebook sudah menjadi hal yang sangat jamak ditemukan. Hingga sekarang fb masih menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan. Penggunaanya pun tidak hanya seputar mencari teman, menjalin pertemanan, mencari jodoh bahkan sudah berkembang sebagai tempat promosi produk. Banyak sekali produk yang ditawarkan, mulai baju, kerajinan tangan, alat elektronika dan lain sebagainya. Ya, sangat menarik dan mudah digunakan fb dalam promosi produk, walaupun sekarang aturannya lebih ketat. Jika teman yang kita ikut tautatkan (tag), tidak berkenan maka dia bisa melaporkan kepada admin fb dan dampaknya fb kita bisa di suspend, karena dianggap mengganggu. Jadi, bijaklah menggunakan media sosial, karena pengguna media sosial juga punya privacy dan mempunyai tujuan berbeda dalam penggunaan media sosial.
Nah, beriklan menggunakan Facebook Ads, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar iklan kita lebih berbobot dan mendapatkan perhatian, diantaranya :
- Perhatikan dahulu content atau isi iklan yang akan kita tayangkan. Sangat tidak optimal, jika kita tidak mempersiapkan content dengan baik, lalu melakukan iklan. Bukan perhatian yang akan didapatkan, jika content kita tidak siap. Content dapat berupa gambar yang menarik, mendukung ide kita yang akan kita komunikasikan kepada pembaca. Benar, gambar lebih menarik daripada tulisan, sepanjang apapun tulisan, pasti lebih menarik gambar jika digunakan untuk promosi / iklan. Kedua, konsep penawaran produk seperti apa ? Dari produk yang kita tawarkan ini, apa sih manfaatnya ? Apakah unik dan berbeda dengan produk lainnya ? Pelayanan purna jual seperti apa, apakah tersedia ? Artinya, produk yang ditawarkan haruslah mempunyai nilai tersendiri bagi konsumen, baru konsumen akan tertarik. Banyak sekali bahasan yang menyatakan bahwa 90% kegagalan dalam bisnis disaat kita gagal merumuskan value, nilai yang mau kita tawarkan kepada pembeli konsumen.
- Tidak bertele-tele. Dalam memasarkan produk kita, melalui gamabr yang menarik maka tidak perlu berele-tele menjelaskan produk kita. Jelas, singkat dan sesuai dengan kualitas yang dijanjikan. Seringkali pembeli kecewa setelah membeli suatu produk karena kualitas yang didapatkan tidak sesuai dengan iklan yang pernah dia lihat. Lalu, dia memutuskan tidak lagi membeli dan lebih parah jika word of mouth dia gunakan, maka habis sudah produk kita. Jangan berharap akan ada yang beli lagi, karena kekecewaan sudah menanti.
- Produk yang dipasarkan sesuai dengan keinginan pembeli. Ya, banyak sekali keinginan pembeli yang kalau dilakukan analisa oleh penjual / produsen. Keinginan tersebut memang akan sangat kuat dan sebagai penjual kita berupaya untuk memenuhinya, agar pembeli loyal. Kita perlu melakukan analisis, apa saja keinginan pembeli dan kita buat prioritas. Tidak mungkin suatu produk akan mampu memenuhi semua keinginan pembeli, makanya dalam strategi marketing ada yang disebut market target. Sasaran harus jelas. Misal, keiginan konsumen yang dapat kita penuhi adalah kualitas yang bagus dengan harga yang kompetitif (bukan murah lho, karena murah dan mahal itu relatif, yang penting ada uang maka barang itu adalah mampu dibeli). Maka fokuskan kepada produk yang demikian.
- Jujur dalam beriklan. Mudah mengucapkan, apalagi di dunia sosial, kadang kita bingung produk ini benar atau tidak, murah sih produk ini tapi begitu beli dipakai 2 hari langsung rusak. Itulah keluhan yang sering muncul, karena apa ? Karena kita tidak jujur dalam beriklan. Yang rugi adalah kita sendiri, karena produk kita paling yan gbeli cuma 1-2 konsumen, lalu kecewa dan masuk dah kita dalam blacklist. Iya kalau kita hanya punya 1 produk yang dijual, kalau kita jual online shop maka image yang kita bangun adalah produk kita kualitasnya jelek, tidak sesuai iklan dengan produk sesungguhknya.
- Selanjutnya, baru kita mulai beriklan di fb adv. Kita masuk ke ad Image. Yaitu foto yang akan kita upload, gambar yang kita pilih. Kita upayakan menggunakan gambar yang beresolusi tinggi, fokus, high definition, dan memiliki kontras sehingga eye catching.
- Jika memungkinkan, pilihlah obyek yang menggunakan produk kita. Agar tampak lebih menarik.
- Dalam beriklan, tidak ada magic pills untuk menjadi winnig campaign. Yang ada yaitu winning campaign karena market target yang tepat, produk yang ditawarkan mempunyai value yang kuat serta gambar yang menarik.
Nah, diatas tips untuk beriklan yang tepat sasaran kepada pembeli bahkan bisa menjadi konsumen, dan kelak akan menjadi konsumen yang loyal. Selamat mencoba, semoga sukses dan selamat berkarya.